Jangan Salah, Ini Panduan Memilih Spesifikasi Komputer!

Bingung menentukan spesifikasi komputer yang ingin dibeli? Sulit menemukan komputer yang sesuai dengan kebutuhan? Ada begitu banyak jenis dan spesifikasi yang dijual di pasaran, mulai dari harga terjangkau sampai selangit. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan budget untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Tapi sudahkah Anda memperhatikan spesifikasi secara seksama sebelum membelinya?

Pentingnya Mempertimbangkan Spesifikasi Komputer

Kebanyakan orang kerap membeli peralatan elektronik dengan asal-asalan. Mereka hanya mengikuti trend yang tengah berkembang untuk menaikkan gengsi di mata masyarakat. Padahal teliti sebelum membeli menjadi suatu hal yang wajib untuk dilakukan. Pasalnya, Anda akan menggunakan produk tersebut dalam waktu yang cukup lama, termasuk memilih komputer.

Kenapa mengetahui soal ini menjadi penting? Pada dasarnya, komputer bukanlah elektronik yang digunakan dalam 1 – 2 bulan. Penggunaannya pun terhitung krusial untuk sebagian orang, terutama para pekerja. Anda harus tahu bagaimana sistem operasi, kinerja, dan hardware komputer agar tidak menyesal. Beberapa komputer memang didesain khusus untuk melakukan tugas tertentu, seperti komputer server, gaming, dan lain sebagainya.

Lantas apa yang harus diperhatikan ketika membeli komputer? Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan tentu saja finansial atau budget. Berapa budget Anda untuk membeli komputer baru? Apakah mencukupi untuk membeli komputer baru atau bekas? Ini sangat penting untuk menghindari kredit atau utang ke pihak lain. Selain itu, Anda juga tak perlu memakai uang bulanan untuk membeli komputer.

Kedua, Anda harus mempertimbangkan fungsi dan tujuan membeli komputer. Seberapa butuh Anda membeli komputer baru? Seperti yang telah disebutkan di atas, spesifikasi komputer mempengaruhi kinerja penggunaannya. Jika Anda mencari komputer yang bisa menunjang desain grafis, Anda tentu membutuhkan PC berkapasitas besar. Begitu pula dengan komputer gaming yang tengah digandrungi sebagian orang.

Komponen Komputer yang Mempengaruhi Spesifikasinya

Selanjutnya, brand komputer turut mempengaruhi daya tahan dan kualitas produk. Brand besar umumnya mementingkan kualitas dan spesifikasi yang ditawarkan. Begitu pula dengan lokasi pembelian produk, Anda tak boleh mengacuhkannya. Hal ini berhubungan dengan garansi dan service komputer ketika terjadi kerusakan yang tak diinginkan.

Setelah Anda mengetahui tips membeli komputer baru, spesifikasi pasti jadi pertanyaan selanjutnya. Bagaimana kira-kira menentukan spesifikasi yang cocok untuk kegiatan Anda? Apakah spesifikasi A pas untuk pekerjaan kantor? Atau spesifikasi B bisa dijadikan komputer gaming? Nah, untuk membantu Anda membaca spesifikasi, berikut cara dan hal yang harus diperhatikan:

CPU atau Prosesor

Central Processing Unit atau CPU bisa dibilang layaknya otak dari komputer. Seluruh proses dan sistem komputer diatur dan dijalankan oleh CPU. Bila Anda ingin membeli komputer baru, perhatikanlah CPUnya pertama kali. Apakah CPU sudah cukup mendukung kegiatan Anda atau belum. Tak sulit sebenarnya mencari tahu spesifikasi CPU komputer, cukup browsing melalui internet. Cari tahu kemampuan clocking untuk mengetahui performa komputer.

RAM atau Memori

Keberadaan RAM menunjang kinerja sistem operasi dan prosesor. Jika ukuran RAM besar, komputer lebih mudah membuka berbagai program dalam waktu bersamaan. Intinya, Anda tidak akan menemukan komputer loading dalam waktu lama ataupun lemot. Untuk ukuran RAM yang sesuai, balik lagi ke kebutuhan Anda.

Storage Unit

Usai memperhatikan RAM, Anda harus mencari tahu pula memori internal komputer. Kira-kira berapa memori internal yang dibutuhkan agar komputer mampu menampung data Anda. Lihat pula jenis memori yang digunakan, sebab di pasaran tersedia berbagai jenis. Umumnya, spesifikasi komputer dasar menggunakan memori SSD, SATA, HDD ITE, dan ATA.

Layar Komputer

Pada dasarnya, layar komputer dijual terpisah dengan CPU dan hardware lainnya. Anda bisa membeli layar komputer secara terpisah, termasuk menentukan jenis dan ukurannya. Di pasaran sendiri, LED menjadi jenis teranyar dari layar komputer.

Jenis layar ini jauh lebih hemat listrik dan terang. Anda tidak perlu khawatir harus membayar listrik jauh lebih tinggi daripada sebelumnya.

VGA

Tak semua komputer membutuhkan VGA untuk bekerja maksimal. VGA bakal memberikan efek lebih terang pada layar. Biasanya VGA ditanamkan pada komputer gaming maupun program yang membutuhkan grafis besar. Buat pencinta games, spesifikasi komputer ini tentu harus diperhatikan.

Tips Memilih Spesifikasi Komputer Gaming untuk Para Pemula

Selain digunakan untuk bekerja, komputer pun bisa dimanfaatkan para pencinta game. Nah, bagaimana cara merakit komputer gaming yang pas? Apa saja spesifikasi yang harus diperhatikan dan diandalkan?

Komponen

Pertimbangkan komponen dasar dan vital pada komputer gaming Anda. Biasanya, komputer gaming membutuhkan processor, RAM, motherboard, VGA, optical drive, serta layar komputer. Motherboard bisa dibilang kunci utama dari keganasan komputer gaming. Meskipun tak ada kewajiban untuk mengubah motherboard biasa menjadi gaming, fitur khusus akan Anda rasakan.

Budget

Jarang memang sebuah brand mengeluarkan spesifikasi komputer gaming secara khusus. Anda mesti merakit sendiri komputer gaming untuk mendapatkan performa yang diinginkan. Mengingat komputer rakitan taklah murah, Anda tentu harus memperhatikan budget yang dimiliki.

Jika belum mampu merakit komputer gaming secara khusus, sebaiknya gunakan komputer biasa. Walaupun performanya tidak sebagus komputer gaming, setidaknya Anda masih tetap bisa bermain.

Pemetaan Spesifikasi Komputer

Beberapa komponen mungkin tidak terlalu penting untuk dibuild up. Anda masih bisa menggunakan komponen standar untuk tetap bisa bermain. Agar tidak sia-sia merakit komputer, ada baiknya memetakan spesifikasi sejak awal. Komponen standar apa saja yang bisa Anda pertahankan dan mana yang tidak. Tentunya dengan memperhitungkan budget yang dimiliki, supaya tetap bisa mengontrol pengeluaran.

Mengenal Jenis Server yang Dioperasikan Melalui Komputer

Usai membahas komputer gaming, kali ini kita akan membahas spesifikasi komputer server. Berbeda dengan komputer gaming, komputer server digunakan untuk mengatur dan mengelola sumber daya jaringan. Komputer server difungsikan untuk melakukan tugas khusus dan berbeda-beda. Setidaknya ada beberapa jenis server yang biasa dioperasikan, yakni:

Server FTP

Anda bisa memindahkan file dari komputer klien menggunakan Protokol Transfer File. Pemindahan file ini dapat dilakukan dari jarak jauh, sehingga menghemat waktu dan energi. Anda tak perlu mendatangi klien satu per satu setiap hari.

Proses pemindahan file juga sangat cepat, tergantung pada jaringan internet. Pengguna server FTP biasanya adalah perusahaan besar yang butuh terkoneksi dengan kantor cabang. Spesifikasi komputer pun dibuat sesuai standar operasional umum.

Server Web

Server ini menampilkan halaman yang tengah Anda akses sekarang. Umumnya, layar komputer akan menunjukkan web browser yang bisa diakses dengan mudah, seperti Google Chrome, Safari, Internet Explore, maupun Mozilla. Anda bisa berbagi data dengan klien atau orang lain menggunakan cloud storage.

Server Email

Sama halnya dengan web, server email memungkinkan Anda menerima dan mengirim email klien melalui komputer. Untuk menggunakan server email, spesifikasi komputer harus terhubung ke server email, seperti POP atau IMAP. Setelah terhubung, barulah Anda bisa mengunduh email yang masuk.