7 Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Laptop lemot, merupakan sebuah kondisi yang seringkali dihadapi banyak orang termasuk anda. Mungkin sering kali merasa bingung. Mengapa laptop tiba-tiba menjadi lemot atau sulit sekali untuk dioperasikan, bahkan beberapa orang tidak tahu alasannya dan terjadi secara tiba-tiba.

Penggunaan laptop sendiri sangatlah penting. Terutama bagi anda yang memang memanfaatkan laptop untuk belajar ataupun kuliah, dan membuat tugas. Serta untuk anda yang menyelesaikan berbagai pekerjaan. Alasan inilah yang menyebabkan jika anda menemukan laptop dengan kondisi yang sangat lambat, ketika dioperasikan. Maka akan menjadi kendala tersendiri. Kita akan bahas dalam artikel berikut ini mengenai deretan alasan, mengapa laptop memiliki respon yang lambat serta solusi yang bisa dihadapi.

Perawatan Hardware yang Buruk

Hasil gambar untuk perawatan hardware

Alasan pertama mengapa terjadinya laptop dengan respon yang sangat lambat, yaitu karena adanya perawatan hardware yang tidak dilakukan secara rutin. Terkadang banyak orang menyepelekan hal tersebut dan menganggap bahwa laptop yang digunakan tidak perlu perawatan, terutama di bagian luarnya.

Anda mungkin rutin untuk membersihkan atau melakukan scanning anti-virus, tetapi tidak melakukan perawatan secara fisik. Jangan lupakan bahwa bagaimanapun juga laptop sangat rentan terhadap berbagai faktor. Sehingga menyebabkan kerusakan salah satunya adalah faktor hardware ternyata performa laptop yang tidak bisa cepat bisa dipengaruhi oleh perawatan hardware yang tidak pernah dilakukan.

Setidaknya anda harus bisa melakukan perawatan yang minimal 1 tahun sekali. Mulai dari membersihkan kipas, mengecek motherboard yang digunakan, hingga pengganti antara thermal processor, laptop. Sehingga tidak ada lagi masalah seperti laptop lemot atau bahkan mesin yang terlalu panas ketika digunakan. Mengingat banyak orang juga yang menggunakan laptop, dengan kisaran waktu yang sangat lama dalam satu hari.

Sesuaikan dengan Spesifikasi Laptop

Hasil gambar untuk spesifikasi laptop

Permasalahan kedua yang menyebabkan laptop, sering kali mengalami kondisi lemot yaitu dengan menggunakan aplikasi untuk mengatasi laptop lemot. Sebelum membeli biasanya para pemilik harus mengetahui dan juga paham akan spesifikasi dari laptop yang anda pilih.

Hal ini bertujuan untuk membantu anda agar bisa menilai. Apakah aplikasi yang dapat dimasukkan ke dalam laptop sudah sesuai dengan spesifikasinya, atau belum misalnya saja jika laptop yang anda gunakan memang memiliki kapasitas standar. Kemudian anda memaksakan diri untuk menginstal game yang cukup berat padahal processor dan RAM tidak memadai.

Maka hal tersebut akan menjadi kendala sehingga pada akhirnya laptop menjadi lemot. Jangan heran jika hal tersebut seringkali terjadi dan ada tempat pemasangannya. Untuk itu solusi satu-satunya, anda memilih aplikasi yang sesuai. Tidak ada solusi lain untuk masalah ini.

Laptop Lemot karena Aplikasi yang Terlalu Banyak

Hasil gambar untuk task manager

Hal lain yang bisa menyebabkan sebuah laptop menjadi lemot dan juga sulit untuk dioperasikan yaitu dengan adanya penggunaan aplikasi yang sangat banyak. Tetapi tidak pernah dioperasikan seringkali ketika anda mungkin membeli sebuah laptop anda memutuskan untuk menginstal banyak aplikasi, kemudian menyimpannya begitu saja.

Tetapi tidak disadari bahwa penyimpanan aplikasi tersebut. Nyatanya berdampak pada kondisi di mana anda tidak pernah mengoperasikan aplikasi dan hanya menjadi aplikasi tersimpan saja. Padahal sebenarnya hal tersebut tidaklah bagus. Karena hanya menghabiskan memori dari laptop dan membuat laptop menjadi lemot atau sulit untuk dioperasikan.

Ada baiknya anda membersihkan beberapa aplikasi yang sekiranya tidak digunakan dan uninstall kemudian bersihkan kembali memori agar kosong. Sehingga anda bisa memberikan ruang untuk aplikasi lain yang memang benar-benar diperlukan atau digunakan. Apalagi jika laptop yang anda gunakan tidak memiliki memori yang terlalu besar.

Cooling Pad uuntuk Laptop Lemot

Hasil gambar untuk cooling pad laptop

Kondisi lain yang sering terjadi yang menyebabkan laptop lemot yaitu tidak menggunakan cooling pad atau cooling fan. Perlu anda ketahui bahwa seringkali banyak laptop yang dioperasikan, dengan waktu yang cukup lama.

Terutama bagi anda yang menggunakan laptop untuk editing ataupun berbagai aplikasi berat lainnya. Penggunaan perangkat cooling pad atau kipas tambahan, dapat memberikan manfaat yang sangat banyak. Mulai dari menjaga suhu laptop agar tidak terlalu panas dan suhu bisa berputar dengan baik..

Khususnya apabila anda memang menggunakan laptop yang sudah lama, kemungkinan laptop lemot menjadi lebih besar. Jika mesin pada perangkat tersebut menjadi panas akibat adanya penggunaan. Selain itu ada juga bisa menggunakan vacuum cooler. Alat ini digunakan untuk menyedot keluar udara panas di dalam laptop. Sehingga sangat membantu suhu di dalam laptop agar dapat terjaga dengan baik.

Atasi Laptop Lemot Software Booster

Hasil gambar untuk software booster

Selanjutnya hal yang paling sering dilakukan oleh banyak masyarakat indonesia. Ketika memutuskan untuk menggunakan laptop dan berakhir dengan kondisi laptop lemot, yaitu memanfaatkan software atau aplikasi khusus untuk mempercepat kinerja.

Aplikasi ini biasa disebut sebagai booster. Penggunaan yang kurang optimal bisa menjadikan kinerja laptop lemot dan mengganggu aktivitas anda. Sehingga apabila anda memutuskan untuk menginstal software pendukung atau booster. Mungkin anda bisa terbantu sangat banyak software yang memberikan manfaat. Seperti ini seperti halnya ccleaner, Advance System Care, dan lainnya. Fungsi dari aplikasi tersebut terbilang mirip.

Laptop Lemot karena Melebihi Kapasitas RAM

Hasil gambar untuk RAM laptop

Selanjutnya penyebab dari laptop lemot yaitu karena adanya kondisi di mana RAM pada laptop tersebut sudah tidak lagi mampu untuk menampung aplikasi. Seringkali RAM juga sulit mengatasi sistem kerja dari komputer.

Hal yang dapat anda anda lakukan dan paling mudah untuk mengatasinya. Tentu saja dengan mengganti ram dengan ukuran yang lebih besar. Namun terkadang untuk laptop terbaru di zaman sekarang ini mereka sudah menyediakan RAM yang cukup besar. Karena mengetahui bagaimana kebutuhan masyarakat indonesia dan juga berapa banyak kapasitas yang paling populer.

Sekarang ini di tahun 2019, melalui laptop dengan ram ukuran 4 giga cukup populer. Bahkan banyak perusahaan yang memutuskan untuk menjual dengan kapasitas ram 8 giga hingga 16 giga. Walaupun begitu memang harganya sangat berbeda dibandingkan dengan kapasitas ram 2 giga saja. Tetapi hal ini membantu anda untuk mengatasi laptop lemot.

Jika memang anda sudah tahu bahwa penggunaan laptop nantinya akan dimaksimalkan untuk aplikasi atau pekerjaan dengan sistem pekerjaan yang cukup . Namun hal yang harus anda ingat adalah apabila memutuskan untuk menambah kapasitas RAM, anda tidak boleh sembarangan menambahnya. Usahakan untuk bertemu dengan ahlinya atau berkunjung ke toko resmi dari laptop tersebut agar dapat dibantu oleh pihak yang memahami bagian tersebut.

Pemasangan Antivirus untuk Laptop Lemot

Hasil gambar untuk antivirus laptop

Terkadang sebuah laptop mengalami kondisi lambat atau lemot akibat adanya virus yang masuk ke dalam sistem. Maka solusi yang paling lengkap dan mudah untuk bisa mengatasi laptop lemot yaitu dengan memasangkan antivirus untuk berjaga-jaga.

Bahwa tidak ada virus yang masuk ke dalam laptop. Salah satu alasan klasik ini rasanya seringkali terjadi dan paling mudah mendeteksi, dibandingkan dengan penyebab lainnya selain itu solusi yang dilakukan juga paling mudah.

Anda hanya tinggal memasangkan anti-virus alamun anti-malware ke laptop tersebut. Sama halnya seperti manusia laptop tidak bisa terkena penyakit dan tentunya hal tersebut, bisa menurunkan kinerja dari laptop untuk mengatasinya. Anda bisa memasang anti-virus, agar laptop tidak lemot. Baik yang gratis maupun premium jangan lupa untuk selalu melakukan update anti-virus. Agar berbagai macam permasalahan seperti virus ataupun malware tidak menyerang sistem kinerja laptop anda.