Cara Melihat Kecepatan Internet

Saat ini internet menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Bagaimana tidak? Internet dibutuhkan dalam setiap kegiatan manusia seperti ekonomi, pendidikan, dan lain-lain. Semua informasi yang kita dapatkan lewat jaringan internet. Kecepatan akses internet sama dengan kecepatan akses dalam transfer data. Dalam bidang telekomunikasi dan komputer, kecepatan transfer data yaitu jumlah data dalam bit yang melewati satu media tertentu dalam waktu satu detik. Umumnya ditulis dalam bit perdetik ( bit per scond) dan disimbolkan dengan bit/s atau bps yang mungkin sudah biasa Anda lihat.

Tabel Kecepatan Transfer Data
Kecepatan Simbol Keterangan Aplikasi
1.000 bit/s 1 kbit/s atau 1 kbps

 

1 kilobit atau seribu bit per detik Rata-rata kecepatan di internet dial-up di Indonesia saat ini adalah 56 kbps
1.000.000 bit/s 1 Mbit/s atau 1 Mbps

 

1 Megabit atau sejuta bit per detik Kecepatan transfer data melalui komunikasi tanpa kabel (wireless) pada 2,4 GHz yaitu sebesar 2 Mbps sedangkan kecepatan sebuah switch standar adalah sebesar 100 Mbps
1.000.000.000 bit/s 1 Gbit/s atau 1 Gbps 1 gigabit atau satu milyar bit per detik Kecepatan sebuah switch dengan teknologi Gigabit adalah sebesar 1 Gbps

Kecepatan dari sebuah switch dengan teknologi Gigabit adalah 1 Gbps. Apabila kita mempelajari kecepatan transfer data maka kita tidak akan lepas dari istilah-istilah download yang biasa kita lakukan dalam mengambil berkas dan file-file lain, upload, downstream, upstream dan usage. Mari kita bahas arti dari istilah-istilah dalam teknologi tersebut:

  1. Download atau unduh adalah kegiatan menyalin data/file/aplikasi dari sebuah komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan ke komputer pengguna. Untuk melakukan kegiatan download ini pengguna komputer harus melakukan permintaan terhadap data/file/aplikasi tersebut pada suatu halaman web untuk kemudian dapat mengunduhnya.
  2. Upload adalah kebalikan dari proses download berkas, bila kita menjadi pendownload maka akan ada yang mengunggah file tersebut. Jadi upload dapat diartikan sebagai kegiatan menyalin data/file/aplikasi dari komputer lokal ke dalam internet atau server.
  3. Downstream adalah kecepatan aliran data ketika pengguna sedang melakukan download dengan kecepatan maksimum download sampai dengan 284/512 Kbps.
  4. Upstream adalah kecepatan aliran data ketika pengguna sedang melakukan upload berkas, bisa dalam berbentuk file atau aplikasi dengan kecepatan maksimum sampai dengan 64 Kbps.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet

Saat kita mengakses internet kadang kita merasakan kecepatan internet yang cepat dan kadang terasa lambat. Banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan dari akses internet tersebut. Koneksi internet umumnya menggunakan banyak perangkat dari penyedia layanan yang berbeda-beda. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet antara lain adalah:

1. Komputer

Komputer sudah sangat pasti berperan dalam kecepatan akses internet karena di dalam komputer ada harddisk, RAM, dan Processor yang berperan penting dalam proses kinerja komputer dan jga jaringan internetnya Bila hardisk yang dipakai berkecepatan rendah maka kecepatan akses internet pun juga rendah dan akan membuatnya menjadi lamban, begitu juga bila menggunakan RAM atau Processor yang kecepatannya rendah, ini sangat mempengaruhi kecepatan dari pengguna dalam mengakses internet.

2. Modem

Selain itu modem juga sangat mempengaruhi kecepatan dari akses internet. Modem mempunyai kecepatan yang berbeda-beda karena tergantung jenis modemnya. Modem yang sering digunakan yaitu modem yang berkecepatan 56 kbps dalam mengakses internet.

3. Jaringan Komunikasi

Untuk mengakses internet, sudah pasti kita membutuhkan jaringan internet. kita bisa menggnakan layanan line telephone, CDMA, GPRS, dan juga satelit. Masing-masing layanan tersebut mempunyai kecepatan yang tidak sama, karena kecepatan yang paling rendah adalah menggunakan line telephone atau jenis jaringan komunikasi lainnya.

4. Besar Bandwidth

Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal di dalam medium transmisi. Bandwidth biasanya diukur dengan satuan yang bernama Hertz. Semakin besar bandwidth yang disediakan oleh ISP atau Internet Service Provider maka semakin cepat pula pengguna dalam mengakses internetnya.

5. Jumlah pengguna yang mengakses server

Kecepatan akses internet juga berpengaruh pada jam-jam tertentu yang biasanya sangat lambat, ini dikarenakan banyaknya pengguna internet yang mengakses internet secara bersamaan sehingga akan mengganggu akses server. Biasanya pada jam 08.00 – 15.00 WIB jaringan internet sedang sibuk-sibuknya digunakan. Untuk itu bila tidak mendesak lebih baik mengakses internet diluar jam tersebut karena semakin dikit penggunanya maka akan cepat.

Cara Mengukur Kecepatan Akses Internet

Kita juga dapat mengukur kecepatan internet. Hal-hal yang perlu diperhatikan agar pengukuran akses internet dapat akurat yaitu sebagai berikut.

  1. Jika komputer anda berada dalam suatu jaringan dan semua komputer terhubung dengan internet dalam satu server, maka lebih baik pastikan komputer yang lain tidak sedang melakukan download atau upload dan lebih baik lagi komputer dalam kondisi mati sehingga tidak mengganggu server yang lain.
  2. Sebaiknya anda melakukan koneksi internet pada PC router atau server saja jika memang anda tidak memungkinkan mematikan komputer . Anda hanya tinggal menonaktifkan jaringan lokal di komputer tersebut
  3. Pastikan komputer anda bersih dari gangguan virus apapun.

Nah, berikut ini ada  4 Website Terbaik Untuk Mengecek Kecepatan Internet di komputer Anda dengan mudah.

1. Speedtest.net

Dengan tampilan yang menarik ditambah lagi dengan fitur yang cukup lengkap , Speedtest menjadi salah satu website terpopuler yang  menyediakan fitur untuk mengukur kecepatan internet dengan akurat. Secara default speedtest akan mengambil lokasi provider internet yang user gunakan lalu untuk menentukan lokasi server pengujian kecepatan internet. namun kita juga harus dapat memilih lokasi dari mana kecepatan internet di uji coba. setelah pengujian telah selesai dilakukan maka anda dapat melihat secara detail berapa kecepatan ping , download , dan upload. Lalu anda juga bisa membagikannya ke sosial media, seperti facebook, twitter, dsb.

2. Fast.com

Jika anda ingin mengukur kecepatan internet dengan mudah dan cepat fast.com adalah solusi yang tepat. walaupun fiturnya tidak selengkap speedtest.net, namun situs ini dapat menjadi acuan berapa kecepatan internet anda dalam penggunaannya. Fast.com ini juga sudah banyak digunakan oleh banyak pengguna dalam mengecek kecepatan internetnya.

3. Testmy.net

Berbanding terbalik dengan fast.com, situs testmy.net ini menyediakan hasil laporan kecepatan internet secara detail dan jelas. kita dapat memilih sesuai kecepatan internet dari aktivitas yang sebelumnya dilakukan, apakah kita hanya ingin mengetest kecepatan download saja atau kecepatan upload. selanjutnya akan muncul hasil yang lengkap disertai grafik kecepatan koneksi anda yang telah anda pilih untuk mengecek kecepatannya.

4. BandWidthPlace.com

Situs ini juga efektif dapat menjadi pilihan untuk mengukur kecepatan internet anda. dengan fitur yang lengkap dengan tampilan yang lebih simple, bandwidthplace.com juga menjadi situs khusus pengukur kecepatan internet yang populer dan banyak digunakan. Selain itu kita juga menyediakan tampilan hasil uji coba dengan grafik yang memperjelas pengukuran kecepatan internet.